KEINDAHAN ALAM NUSANTARA

Ketika kita menjelajahi wilayah nusantara akan sangat terasa takjub melihat alam nusantara yang begitu indah dan memanjakan mata, pikiran dan hati kita sehingga kita benar – benar merasa mencintai negeri kita ini dan selalu mengingat kepada Tuhan sang Maha Pencipta.

Banyak sekali tempat indah di negeri ini dan dijadikan tempat Pariwisata baik untuk turis lokal maupun turis asing. Ada beberapa diantaranya sudah menjadi magnet untuk para wisatawan asing.

1. Bali

Siapa yang tidak tahu dengan nama Bali Indonesia, baik di dalam negeri atau di luar negeri Bali dikenal mempunyai pantai yang indah yang menarik para peseluncur untuk datang, bukan hanya peseluncur ada juga yg hanya ingin bermain dengan pasir putihnya. Terkadang orang luar negeri hanya mengenal nama Bali daripada Indonesia.

pantai bali

peseluncur bali

2. Danau Toba, Sumatra Utara

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer (danau volkanik terbesar di dunia). Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

danau toba 7

3. Kepulauan Raja Ampat, Papua Bara

Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.

kepulauan-raja-ampat

4. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Gambar-Pantai-Bunaken.jpg

5. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Gunung-Bromo.jpg

6. Baluran, Jawa Timur

Baluran adalah Afrikanya Indonesia, Taman Nasional ini merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran.

savana-bekol-taman-nasional-baluran

7. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Kerinci boleh bangga dengan keberadaan Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Serta terdapat beberapa danau kecil lainnya dengan keindahan alamnya yang unik. Danau Belibis dengan alam yang masih asli memberikan sentuhan yang berbeda.

GUNUNG TUJUH.jpg

8. Pulau Derawan

Kepulauan Derawan merupakan gugusan pulau yang terletak di Selat Makassar dan masuk wilayah administrasi Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kaltim.

Sejumlah pulau yang terdapat di Kepulauan Derawan antara lain Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Samama dan Pulau Panjang. Perairan di sekitar Kepulauan Derawan kaya akan karang dan biota laut yang menjadi objek wisata selam.Sedikitnya terdapat 18 titik lokasi penyelaman di sana. Di sekitar Pulau Derawan sendiri, keindahan karang dan ikan sudah bisa dinikmati dengan pola penyelaman slope dangkal 5-25 meter.

Selain Pulau Derawan, terdapat Kawasan Pulau Kakaban yang terdiri dari karang atol dan membentuk danau di tengah laut. Di dalam danau itu tinggal ribuan ubur-ubur yang tidak memiliki sengat. Danau Kakaban adalah salah satu dari dua habitat ubur-ubur tanpa sengat yang telah ditemukan di dunia. Habitat yang sama dapat ditemukan di Kepulauan Palau, Micronesia di Samudera Pasifik.

Pesona Kepulauan Derawan lainnya terdapat di sekitar Pulau Sangakali yang merupakan kawasan konservasi penyu yang dikelola Kementrian Kehutanan. Dari seluruh Kepulauan Derawan, Pulau Sangalaki yang memiliki luas daratan 12 hektar menjadi tempat bertelur penyu terbesar.  Ada dua spesies penyu yang biasa bertelur di Pulau Sangalaki yakni penyu hijau dan penyu sisik. Penyu hijau paling banyak ditemui bertelur di Pulau Sangalaki pada malam hari.

Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai “Blue Trigger Wall”

pulau-derawan-1.jpg

DAFTAR PUSTAKA

https://aendydasaint.wordpress.com/2016/10/20/keindahan-nusantara-ringkasan/

http://juldy-armin.blogspot.com/

https://inet.detik.com/fotoinet/d-3145909/keindahan-nusantara-yang-tersembunyi/5/

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai